20 Hal yang harus diketahui dari AdSense TOS ASLI

Bagi yang pemula AdSense dan kebetulan nggak bisa bahasa inggris, gua akan ngeartikannya disini. Baca baik-baik, sumber ini asli dari TOS AdSense, hanya saja diartikan oleh saya sekeluarga dan saya se guru-les privat saya, hehehe. Maaf, kalo ada yang salah, tapi mungkin saja tidak, karena guru les saya pinter banget bahasanya, dia bisa ngomong lancar lho ama buges.

1. Jangan pernah mengklik iklanmu sendiri dengan alas an apapun

Kenapa peraturan ini ditaruh di nomor 1? Karena, 70-75% publishers adsense terkena disable/banned entah dengan alas an apapun. Ada yang sekedar bergura, just-fun just-fun gitu, ada yang cobak-cobak ngetest apakah adsense-nya berjalan ato gak, dan ada juga yang mangkel mungkin yak arena dollars nya gak naek-naek. Waduh kalo gitu, gak salah kalau anda sekalian diban sama adsense, aku yang kasian itu ama isnaini, diban tanpa alasan yang jelas, dan tak terbukti. Tapi, bagi mereka yang menginkan mengetes system adsense mereka apakah jalan ato gak, anda bisa menanyakan ni ke google adsense langsungkan? Agar mereka yang ngecek, daripada dicek sendiri dan di cap kenal accidentally click? Gimana. Jadi hati-hati ya.

Bagi yang pemula AdSense dan kebetulan nggak bisa bahasa inggris, gua akan ngeartikannya disini. Baca baik-baik, sumber ini asli dari TOS AdSense, hanya saja diartikan oleh saya sekeluarga dan saya se guru-les privat saya, hehehe. Maaf, kalo ada yang salah, tapi mungkin saja tidak, karena guru les saya pinter banget bahasanya, dia bisa ngomong lancar lho ama buges.

1. Jangan pernah mengklik iklanmu sendiri dengan alas an apapun

Kenapa peraturan ini ditaruh di nomor 1? Karena, 70-75% publishers adsense terkena disable/banned entah dengan alas an apapun. Ada yang sekedar bergura, just-fun just-fun gitu, ada yang cobak-cobak ngetest apakah adsense-nya berjalan ato gak, dan ada juga yang mangkel mungkin yak arena dollars nya gak naek-naek. Waduh kalo gitu, gak salah kalau anda sekalian diban sama adsense, aku yang kasian itu ama isnaini, diban tanpa alasan yang jelas, dan tak terbukti. Tapi, bagi mereka yang menginkan mengetes system adsense mereka apakah jalan ato gak, anda bisa menanyakan ni ke google adsense langsungkan? Agar mereka yang ngecek, daripada dicek sendiri dan di cap kenal accidentally click? Gimana. Jadi hati-hati ya.

2. Jangan meletakkan lebih dari 3 adunit, 2 adlink, dan 2 adsense search box di blog/situs apapun

Google udah baik hati membolehkan meletakkan setidaknya 3 adunit, maupun adlink, dan 2 search box di satu halaman penuh. Jika kamu meletakkan sekali lagi adunit/adlink/adsearch melebih batas, santé saja, itu tidak akan muncul disitusmu, itu hanya peringatan kalau sudah melebihi batas, jadi harus ada salah satu yang dibuang gito.

3. Never Change or implement new codes in your adsense

Ketika kamu menkonfigurasi kode adsensemu langsung dari adsense, yakinkan bahwa tidak ada lagi yang harus dirubah. Kode yang bisa kamu rubah hanya warna dan ukuran iklan saja, sekali lagi, jangan sampe mengubah apapun dalam kode adsensemu, biarkan mereka original, mengapa sih kok harus dirubah? Enakan original kan?

4. Buat 1 akun untuk 10 blog/situs

Jika kamu memiliki kurang lebih 10 blog/situs, dan semuanya ingin kamu pasangin adsense, jangan sulit-sulit buat mbuat 10 akun adsense, sebenarnya, satu aja udah cukup buat 10 situs. Jadi?

5. Jangan beritahukan Rahasia

Kalau kamu sukak pamer pendapatan adsense, ya sekiranya tunjukan Income/Earningnya doank aja. Tidak usah pakek CTR ataupun Impression, sensor aja tuh dia, kenapa ya? Aku juga gak tahu, soalnya diforum-forum juga dikatain jangan perliatin ctr/impression, jadi?

6. Jangan berbohong akan widget-label

Beberapa orang/anak nakal dan nambeng, sukak ngenamain iklan mereka dengan “Click here for more”, “Favourite Link”, “Great sites” dan lain-lain. Tolong jangan lakukan itu jika kamu tidak ingin di banned oleh google.

7. Never let your ads launch in a new browser

ini sangat tidak disarankan bagimu untuk merubah kode, udah diberitahukan diatas sebenarnya. Tapi, tetep aja ada yang ngotot kalau iklan adsense boleh dibuka di new-window lewat kode target=’_blank’, padahal itu menyalai peraturan TOS adsense, aku tahu siapa yang mengatakan itu, salah satu blog terkenal didunia ini. Apa sih yang dia mau? Menjerumuskan? Gila? Kan udah terang-terangan jangan “mengubah” sedikitpun kode adsense kecuali warna dan ukurannya, yakan? Nggak perlu deh aku beritahu siapa dia (karena sebenarnya aku juga lupa situsnya namanya apa, pokoknya terkenal kok nama situsnya, maaf )

8. Jangan menggunakan penyedia jasa iklan yang lain.

Meskipun udah diperingatin, toh masih berkeliaran aja orang yang publisher adsense melakukan joinan dengan kontera misalnya. Padahal itu tidak diperboleh oleh AdSense, yang diperbolehkan hanyalah AuctionAds, Chitika dan YPN saja. Hati-hati lo ya, jangan ikut-ikutan deh saran gua kalau ingin aman dan ingin white-hat.

9. Jangan pernah memasukkan gambar dengan AdSense

Images and ads will be a good attraction for others to click on your irrelevant ads, which Google dismay, and they only allow placing images with ads if there is a clear cut border between the ads and the images, otherwise it is against their TOS.

Peraturan ini sering dilanggar oleh salah satu seorang blogger yang namanya sudah tidak diragukan, situsnya lumayan berpage-rank 2 dari pada situs ini yang hanya berpagerank 0 (kan barusan dibuat nih situs, masak langsung pr2), alamatnya aku ingat yakni *****blogger.blogspot.com, yang selalu memberikan contoh pada kliennya kalau adsense bisa diselipin gambar, misalnya gambar cewek seksi yang dikasih bumbu kode adsense, padahal adsense udah meringatin lho. Boleh saja sih nambahin adsense dengan gambar, tapi harus ada jaraknya, kalau di *****blogger sih, gambar cewekseksinya langsung aja meluk adsense (100% gak ada spasinya) dan entah gimana nanti nasibnya.

10. Jangan pernah ikutan Click Farms yang akan memberimu klik di iklan-adsmu

Mereka mengklaim kalau mereka akan mengantarkan klak-klik-kluk dalam iklanmu, kalau saja kamu joinan dengan mereka dan membayar mereka sedikit. Jangan pernah termasuk dalam otakmu kalau menggunakan berbagai cara begituan akan berhasil. Jangan mengeluarkan uang jika tidak mendapat apapun.

11. Menggunakan berbagai program pihak ke tiga untuk meningkatkan impresi

Jangan pernah menggunakan AutoSurf atau program lain untuk memperbesar impressi google adsensemu, kalau kau menggunakannya. Siap-siap di depak (bahasa yang suka digunain penulis buku ‘google and yahoo screets’, maaf aku mulai ketularan :D) dari program si mbok gugel ini.

12. hati-hati jika meletakkan iklan didalam sebuah halaman tanpa konten/isi

Huh, aku buenci banget ternyata sama orang Indonesia. Kok bisa, ada sebuah situs yang tidak ada isinya cumin keyword doank dan disitus dipasangin adsense, kalo aku ketemu orangnya, ingin gua tusuk pisau itu perut orang, mangkel gua. Atau, kau juga nempatin iklan adsmu, dihalaman error (404) ataupun halaman thank-you yang tidak berisi, dan hanya berisi sepatah kata? Hati-hati, jika mbok gugel tahu, bisa-bisa kamu didepak dari program mereka. (didepak itu artinya apa sich?)

13. Jangan mengisi isi konten/posting dengan keyword aja

Berbagai orang mengatakan “letakkanlah keyword sebanyak mungking di blogmu”, seperti yang diucapin*****blogger.blogspot.com. Siapa sih yang kamu percaya saya yang ngartikan tos (Term of Service) mereka, maksud saya, Orang bodoh itu atau google yang memberimu earning? Memang, dari mana google tahu kalo aku masang keyword berlebih, oh bodoh! Ya dari crawl mereka donk, kan mereka punya spider-bot (maaf bahasa saya lebih kasar, jika tidak dikasari orang-orang akan plonga-plongo aja)

14. Klix Barenxs

Klix Barenxs (bahasa keren dari klik bareng :D) pada adsmu, sangat efektif untukmu jika kamu bosan dan ingin didepak oleh adsense, hahaha!

15. iklan Pop-Up atau Pop-Under tidak didukung oleh Google

Mereka tidak membolehkan sih, tapi karena apa gua belum jelas (kan gua nggak pegawainya google, tapi gua sih yang anaknya pemegang gugel itu) (pihak lain mengatakan: halah mbel-gedez mosok kon anake wong seng nduwe google)

16. Jangan gunakan MFA atau AdSense Arbitrage

Jangan sekali-kali pernah berkeinginan atau mencoba templates MFA (Made for AdSense). Gugel telah mendepak orang-orang yang menjalankan gituan pada situsnya, gugel merencanakan ini besar-besaran pada tanggal 21 juni lalu. Atau AdSense arbitrage, yang mengarakan iklan adsense kemanapun pengunjung mengarahkan isi halaman si empunya situs, iya elo yang seneng, tapi gugel yang mbelenek pakek cara curang seperti ini, kedua cara ini suangat dianjurkan jika kamu ingin didepak dari gugel.

17. Hanya 3 Refferal-Button

Seperti layaknya adsunit/adslink, referral juga hanya ngijinin 3 refferal berada disitusmu. Jangan lebih, apa untungnya sih kalau masang lebih-lebih, kan halamanmu jauh lebih lambat kalau kebanyakan ads, ya kan. Belom lagi nanti kalo didepak gugel, mau jadi apa loe.

18. Jangan pernah mengirim email dibumbui adsense

Jika kamu memang pintar dan jenius, tapi pasti mbok gugel yang lebih pintar (kan mbok-mu, ya jelas lebih pintar lho!), misalnya memasukkan kode adsense dalam emelmu, ide yang sangat cemerlang dan dinanti semua umat dibelahan dunia, ya nggak sih? Tapi, jangan terlalu berharap dengan ini, justru kamu harus banyak berharap agar tidak didepak oleh mbok gugel.

19. Jangan menggunakan tips & tricks menarik hati pengunjung

ketiak kamu meletkkan image dengan borderyang jelang dan adanya pemisah jarak dari adsense, itu tak masalah. Tapi jika gambar kamu gambar cewek seksi deket adsense, atau gambar anak panah yang menarik mata, jangan harap umurmu banyak didunia adsense yang un-fana’ ini (dilain pihak: heh ngawor, dunia iku fana, duso kon)

20. Jangan membelikan topeng untuk adsensemu.

While blending your ads with your content is one of the way you can improve your earnings, take note that Google does not allow you to blend the color of the url with the background. Do not hide away relevant components that are shown by Google.

Diluar sana. Banyak penyedia jasa-jasa pemercantik adsense, seperti dikasih bedak, body-lotion, dan apak adeh. Tapi tenang, gugel gak mbolein ini kok. (dilahin pihak: lho kok ngomongnya tenang sih). Ya tenanglah, kan adsense-nya udah cantik, walaupun nanti kamu akan didepak juga dari kecantikan itu. Note: kalau maksud mempercantik itu nge-blending adsense dengan warna background, itu gakpapa. Maksud gua adsensenya dikasih background di diapakan gitu. Download deh ebook bikinan blackhat adsense, disitus diberi tips mempercantik adsense, tapi saya gak tanggung jawab kalo kamu di Depak.

Oh ya, aku minta maaf pada orang yang mbikin buku ‘Google and Yahoo screets’ (orang Indonesia) karena, gaya bahasanya aku tiru. (maaf juga aku lupa namanya, karena bukunya dipinjim orang warnet sebelah, :D)

1 komentar pengunjung:

Anonim mengatakan...

Menarik juga nih artikel... sip deh.. o ya soal adsense emang ada salon nya yah? bisa manicure, pedicure abis ada yang bisa di bedakin segala sih.. hehehe.. btw, biarkan adsense apa adanya yang penting blend/mix sama warna dan format design web.. sukses selaluh lah...